otakjepang
1432159430333932
Loading...

Membuat Animasi Komputer hanya Dengan Memainkan Boneka, Maksudnya Figur Aksi

Robot Pembantu Animasi Komputer

Figur aksi yang bernama Quma atau Qumarion ini telah menyedot perhatian para animator-animator Jepang sejak diluncurkannya pada 21 Juni jam 3 sore lalu. Alat ini merupakan sebuah patung peraga layaknya manusia atau biasa disebut figur aksi (Action Figure). Dengan Quma kita dapat membuat gerakan-gerakan dasar manusia pada patung kemudian diubah dalam bentuk animasi di komputer. 

Pembuatnya, Celsys, yang menyebut Qumarion sebagai robot android penginput gerakan manusia telah membuat gebrakan dalam pembuatan kreasi animasi secara seni dan teknologi. Dengan robot ini, kelemahan yang ada pada sistem komputer mereka gerakan-gerakan manusia dapat diatasi dengan mudah dan menyenangkan.

Seorang animator tentunya haruslah tahu gerakan seperti apa yang akan dibuatnya sebagai animasi di komputer, namun dengan alat ini, gerakan-gerakan yang masih dikepala dapat dengan mudah dikreasikan dengan Qumarion. Quma mendobrak dinding tebal antara gambar 3D dan 2D. Layaknya memainkan tokoh GI-Joe ditanganmu, patung figur Qumarion dapat dipergunakan dalam berbagai bentuk gerakan manusia dan langsung akan masuk dalam komputer dalam bentuk animasi (CGI).

Patung Figur aksi ini terdapat 16 titik lokasi sensorik yang mana memonitor gerakan dan mimik setiap gestur dan perpindahan yang bergerak ataupun tetap diam.Untuk para animator amatir dan belum terlatih, alat ini merupakan jalan pintas tercepat dalam membuat sebuah animasi yang mereka inginkan. Menginginkan robot Qumarion ini, bersiapkan mengeluarkan kocek setidaknya 67.800 Yen Jepang atau sekitar 7 Juta rupiah. Pembelian tersebut sudah termasuk beberapa pasang tangan yang dapat dibongkar pasang (terdapat didalamnya tangan khusus adegan kung fu) dan software pengolah animasi 3D tentunya yang kompatibel dikomputer berbasis Mac ataupun PC pada umumnya. Jika dipertimbangkan dengan adanya software pendukung yang notabene harganya cukup selangit, harga diatas sudah termasuk murah bagi yang ingin menekuni dunia animator.

Spesifikasi :

Nama Model : Quma
Berat : 255g
Dimensi : 290x108x308mm
Konektivitas dengan Perangkat Lain : USB

Sumber : Clip-Studio


Robot Pembantu Animasi Komputer

Robot Pembantu Animasi Komputer
Teknologi 521460671330097491

Posting Komentar Default Comments Disqus Comments

  1. Thanks ya gan udah sharing, thanks kebetulan sedang ada tugas tentang animasi ni hehe tengkyu bacaanya :)

    BalasHapus

Kamu dapat menambahkan video di kolom komentar dengan format [video]link video kamu[/video] atau [img]url gambar[/img] untuk menambatkan gambar di komentar kamu.

emo-but-icon

Beranda item

Recent Post

Begini yang Orang Jepang Lakukan Jika Hidung Mampet

Random Posts