otakjepang
1432159430333932
Loading...

Ini Cara Orang Jepang Menyambut Tahun Baru

Salah satu hal terbaik jika berada di Jepang di akhir tahun adalah suasana meriah yang terus ada di penjuru Jepang dari sejak perayaan Natal sampai hari pertama Januari. Bukan hanya itu ternyata pada kemeriahan pergantian tahun baru di Jepang ada begitu banyak tradisi yang unik yang sengaja dilakukan untuk memperingati Tahun Baru. Disadur dari sebuah situs Jepang, kami berikan 6 daftar yang harus dilakukan di Jepang pada saat pergantian tahun. Jika Anda ingin merayakan Tahun Baru di Jepang, 6 hal ini adalah hal penting yang harus kamu tahu.

1. Membuat kartu Tahun Baru pada 28 Desember

kartu tahun baru jepang

Orang-orang di Jepang mengirim dan menerima kartu Tahun Baru khusus yang disebut nengajo, yang harus diterima melalui pos pada tanggal 1 Januari. Kantor Pos hanya dapat menjamin kartu Anda akan tiba tepat waktu jika mereka dikirim pada 25 Desember tetapi masih ada kemungkinan bahwa kartu Anda akan tiba tepat waktu jika dibuat dan dikirim pada 28 desember. Jika tidak, kartu Anda mungkin akan sampai di tempat tujuan setelah tanggal 7, Jika terlambat anda harus melupakan mengirim nengajo dan memilih untuk mengirim kartu ucapan khusus musim dingin sebagai gantinya.

2. Bersih-bersih musim dingin pada 28 Desember.

ilustrasi ibu jepang bersih-bersih

Menyingkirkan kotoran dan bersih-bersih rumah pada akhir tahun adalah hal kedua yang sangat penting dilakukan orang Jepang, bahkan ada kata untuk itu: susuharai. Secara tradisional, bersih-bersih rumah tahunan dilakukan pada tanggal 13, yang dikenal sebagai Susuharai no Hi. Saat ini, pembersihan biasanya dimulai pada setiap hari dari tanggal 13 sampai tanggal 28 desember.

3. Membuat dekorasi pinus untuk Tahun Baru pada 28 Desember 

dekorasi hiasan bambu jepang

Dekorasi Pinus dan bambu ini, di Jepang dikenal sebagai Kadomatsu. Dekorasi tahun baru Jepang ini ditempatkan di kedua sisi pintu depan sebagai penanda penting untuk menyambut para dewa dari Tahun Baru ke rumah Anda. Idealnya disiapkan pada setiap tanggal dari tanggal 13 ke tanggal 28 desember tiap tahunnya, dekorasi ini tetap berada di depan rumah hingga 7 Januari. Jika Anda terlambat, Anda masih dapat menempatkan mereka pada 30 Desember tapi hindari menempatkan dekorasi ini pada tanggal 29 karena untuk menghindari kata dalam bahasa Jepang untuk nomor 9, ku, yang juga berarti rasa sakit dan penderitaan. Dekorasi tahun baru ini juga sangat tabu ditempatkan pada tanggal 31, hal ini dirasa tidak sopan karena menyambut para dewa hanya dengan dekorasi semalam.

4. Jimat Keselamatan untuk Tahun Baru

temali jepang

Shimenawa, tali jerami khusus yang digunakan sebagai jimat keselamatan untuk melawan kejahatan, mirip dengan Kadomatsu karena membimbing roh-roh yang baik ke dalam rumah Anda. Jimat ini ditempatkan di pintu masuk atau di altar persembahan khusus dirumah, ini biasanya disiapkan pada tanggal 27 atau 28, tanggal 29 dan 31 sangat dihindari untuk alasan yang sama seperti sebelumnya. Pada pagi hari tanggal 7, dekorasi jerami ini harus dibawa ke dondoyaki untuk kemudian dibakar di kuil lokal.

5. Menyiapkan Kue Tahun Baru setiap hari sebelum Tahun Baru kecuali tanggal 29 atau 31

dango

Kagami-mochi atau kue Tahun Baru adalah dekorasi Tahun Baru penting lainnya yang dirancang untuk menunjukkan penghormatan dan selamat datang kepada para dewa. Seperti hal lainnya, tanggal 29 dan 31 harus dihindari ketika menempatkan mochi persembahan ini di altar rumah atau di pintu masuk. Diangkat dengan dekorasi lain setelah seminggu setelah Tahun Baru pada tanggal 7 Januari. Kagami-mochi ini secara tradisional dirusak (ditumbuk) dan dimakan pada tanggal 11 Januari. Ini dilakukan dengan palu kayu dan tidak pernah dengan pisau atau peralatan tajam lainnya karena memotong dengan barang tajam memiliki konsekuensi negatif. 

6. Makan semua mie Tahun baru sebelum pergi keluar

mie tahun baru jepang

Memakan mie soba tipis dan ekstra panjang pada malam tahun baru adalah kebiasaan umum di Jepang. Dikenal sebagai soba toshikoshi, atau mie pergantian tahun, mie soba panjang ini melambangkan umur panjang dan secara tradisional dimakan dengan keluarga pada beberapa waktu pada malam sebelum Tahun Baru. Untuk keberuntungan terbaik dan perlindungan, semua mie dalam mangkuk Anda harus dimakan sebelum tengah malam. Jangan meninggalkan apapun!
Otak Jepang 5924620013881147811

Posting Komentar Default Comments Disqus Comments

Kamu dapat menambahkan video di kolom komentar dengan format [video]link video kamu[/video] atau [img]url gambar[/img] untuk menambatkan gambar di komentar kamu.

emo-but-icon

Beranda item

Recent Post

Begini yang Orang Jepang Lakukan Jika Hidung Mampet

Random Posts