otakjepang
1432159430333932
Loading...

10 Hal Aneh dan Lucu yang di Lakukan Orang Jepang

Beberapa perilaku orang Jepang tampak berbeda dari perilaku masyarakat dunia pada umumnya. Beberapa diantaranya bahkan terlihat aneh dan kadang lucu. Berikut 10 hal aneh dan lucu yang biasa orang Jepang lakukan.

Shibuya

1. Gerakan Minta Maaf ala ikan Hiu

Bukti memang membenarkan bahwa Jepang adalah negara dengan penduduk tersopan didunia. Bahkan orang disana disaat memotong sebuah percakapan kebanyakan akan mengarahkan tangan kanannya di kepala layaknya memotong sesuatu dan akan berbisik "Sumimasen". Gaya permisi memotong pembicaran ini layaknya sirip hiu maka beberapa orang barat menyebutnya sebagai Polite Shark atau hiu sopan.

2. Isyarat menyuruh kesini yang tampak seperti mengusir


Di Jepang isyarat tangan kedepan dengan telapak tangan kebawah dan menggerakkan jari kebawah berulang secara bersamaan adalah gerakan sopan untuk memanggil seseorang kembali kehadapannya. Di Amerika pada umumnya gerakan ini malah dianggap sebagai mengusir dengan sangat tidak sopan (mengejek).

3. Wajah Merah saat minum Alkohol

Hal ini biasanya terjadi pada orang asia kulit kuning. Efek alkohol ini dinamakan Asian Flush Syndrome yang menyebabkan efek asetaldehida muncul. Asetaldehida sendiri adalah senyawa kimia tubuh yang memecah alkohol dalam tubuh. Asetaldehida ini akan menyebabkan bercak merah pada wajah yang akan sangat terlihat pada orang kulit kuning layaknya orang Jepang.

4. Membeli Banyak Sekali Suvenir


Sama halnya seperti orang Indonesia, orang Jepang jika bepergian pastinya akan membeli oleh-oleh atau suvenir dalam jumlah banyak yang diperuntukkan untuk teman dan kerabatnya. Suvenir atau di Jepang disebut "Omiyage" adalah pekerjaan yang sebenarnya banyak orang Jepang yang tidak menginginkannya karena menyusahkan (Mendokusai).

5. Mengecilkan Nilai Hadiah

Setelah sovunir telah dibeli dan akhirnya akan diberikan kepada rekan kerja, apa yang selanjutnya orang Jepang biasa katakan? mereka biasanya akan mengatakan bahwa barang yang diberikan tidak seberapa atau maaf jika saya melakukan hal yang membosankan. Frase perkataan Jepang ini memang sering dikatakan karena memang pada dasarnya perilaku orang Jepang yang sopan.

6. Menonton Film di Bioskop Sampai Selesai


Jika kamu melihat film dibioskop dan akhirnya melihat tulisan "the end" yang menandakan dimulainya cast para pembuat film diputar, saat itulah kamu akan beranjak dari kursi dibioskopmu bukan ? Orang Jepang berbeda. Mereka akan tetap duduk tenang melihat nama-nama pembuat film tersebut sampai akhirnya lampu bioskop menyala. Beberapa alasan muncul salah satunya adalah untuk menghormati si pembuat film. Alasan lain yang muncul adalah sebenarnya ingin pergi tapi tidak mau menjadi orang pertama yang keluar. Ada-ada saja.

7. Membungkuk

Membungkuk biasa dilakukan oleh orang-orang asia timur kebanyakan terlebih di Jepang. Disana orang Jepang sampai-sampai bisa membungkuk ditelpon umum tanda terima kasih atau sesuatu saat menelpon meskipun jelas yang ditelpon tidak tau kalo dia sedang diberi hormat.

8. Berkumur


Banyak orang didunia tidak terlalu familiar dengan berkumur. Di Jepang anak kecil saat pergi kewastafel untuk mencuci tangan diharuskan untuk berkumur sebelum beranjak pergi. Penilitan menunjukkan bahwa memang benar dengan berkumur anak akan terhindar dari penyakit pilek dan flu.

9. X untuk Tidak


Kesukanan para masyarakat Jepang menggunakan simbol Maru atau tanda O yang berarti pembenaran dan Batsu atau tanda X yang berarti penyangkalan memang tidak tertandingi dinegara manapun. Kedua simbol tersebut kuat tertanam dalam gerakan yang dilakukan sehari-hari pada masyarakat Jepang. Frekuensi melakukan gerakan menyilang pada tangan tanda tidak boleh sangat sering dilakukan orang Jepang. Mulai dari tidak boleh melakukan sesuatu sampai tanda x dan o dibubuhkan pada consol permainan game asal Jepang yang cukup terkenal di dunia Playstation.

10. Tetap Sopan meskipun saat hidup dan Mati

Hidup dan mati disini bisa dianggap sebagai kiasan karena mereka para orang Jepang benar-benar tahu cara atau berperilaku sopan. Contohnya saja di jam sibuk di stasiun kereta, mereka akan terlihat sangat rapi berbaris meskipun stasiun sangat pada sekalipun. Tidak sampai disitu didalam kereta meskipun sudah sangat padat dan berdesak-desakkan mereka akan tetap diam dan hening, beberapa menikmati kopi dan membaca koran pagi mereka.
Otak Jepang 1554459371984460800

Posting Komentar Default Comments Disqus Comments

Kamu dapat menambahkan video di kolom komentar dengan format [video]link video kamu[/video] atau [img]url gambar[/img] untuk menambatkan gambar di komentar kamu.

emo-but-icon

Beranda item

Recent Post

Begini yang Orang Jepang Lakukan Jika Hidung Mampet

Random Posts