otakjepang
1432159430333932
Loading...

NHK Coba Jelaskan Mengapa MH17 Melintasi Ukraina


Tragedi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 beberapa waktu yang lalu pastinya mengundang banyak simpati dari semua orang di seluruh dunia, sehingga banyak yang bertanya-tanya bagaimana kecelakaan mengerikan itu bisa saja terjadi. Sementara para pemimpin dunia yang mulai menuding dan berspekulasi siapa yang harus bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat kedua Malaysia yang nahas setelah MH370 itu, di Jepang orang-orang juga bertanya-tanya mengapa penerbangan ini dari Amsterdam ke Malaysia melalui wilayah udara Ukraina yang notabene terlalu memutar.

Untuk analisisnya, mungkin kita dapat membayangkan konsep geografis di mana terdapat tiga titik utama yang harus digaris bawahi. Pada peta dibawah ini merupakan perkiraan lokasi dari Amsterdam, kemudian lokasi kecelakaan di Ukraina, dan tujuan akhir penerbangan MH17 di Kuala Lumpur, Malaysia. Seperti yang bisa kamu lihat, tiga titik wilayah dibawah ini membuat garis lurus hampir sempurna.


Kantor berita Jepang Internasional NHK menuturkan, hal ini hampir bukanlah kebetulan. Jika Anda sering menghabiskan sebagian besar waktu anda dengan traveling melewati darat, Anda mungkin tidak berpikir menggunakan rute langsung terpendek ke tujuan, karena kamu pastinya tidak bisa hanya berjalan melewati bangunan dan pegunungan pegunungan. Namun, ketika merencanakan jalur penerbangan, maskapai penerbangan umumnya memilih jarak terpendek di udara, sebuah pesawat jet jumbo pastinya tidak memiliki masalah terbang melalui awan cumulonimbus.

Ini tampaknya rute yang ditempuh oleh pesawat dengan nomor penerbangan MH17 ini lakukan: Mengambil rute yang paling langsung mengarah ke Malaysia. Namun tidak setiap penerbangan selalu mengambil perjalanan dengan jalur terpendek, alasannya sebagian besar karena cuaca atau keadaan darurat militer wilayah yang sangat jarang terjadi. Dan ini meninggalkan sebuah pertanyaan besar mengapa pesawat Malaysia ini berani terbang di atas kawasan zona perang aktif.

Untuk menjawab pertanyaan itu, NHK atau Japan Broadcasting Corporation dalam bahasa Inggris, berbicara dengan Hiroyuki Kobayashi, seorang pilot maskapai penerbangan Jepang yang cukup terkenal, JAL (Japan Airlines). Pilot yang mempunyai jam terbang Internasional yang sangat tinggi ini telah hampir melewati semua rute penerbangan domestik dan pensiun pada tahun 2003. Menurut Kobayashi, yang saat ini bekerja sebagai penasihat dan kritikus untuk keselamatan penerbangan di Jepang, mengatakan bahwa tidak ada yang tidak normal tentang jalur penerbangan.

Sebagai pensiunan pilot ia menjelaskan, penerbangan pesawat penumpang memang sering melewati zona perang ketika telah dianggap bahwa daerah tersebut aman untuk penerbangan pada ketinggian tertentu yang notabene tinggi. Kobayashi menyebutkan bahwa dia sendiri memiliki pengalaman terbang di atas Vietnam, Iran, dan Irak ketika negara-negara tersebut sedang berperang. Selama pesawat berada pada ketinggian 10.000 meter diudara untuk melewati daerah berbahaya tersebut, mereka seharusnya aman, terutama jika telah ditetapkan bahwa senjata darat yang mampu menembak jet maskapai penerbangan tidak digunakan. Meskipun pesawat dan helikopter telah diserang dalam konflik Ukraina saat ini, tidak ada indikasi bahwa tidak ada rudal darat Ukraina yang mampu menargetkan dan mencapai jet maskapai penerbangan yang digunakan diketinggian diatas. Kobayashi juga menekankan bahwa rute ini adalah rute yang sangat umum digunakan maskapai penerbangan untuk jalur Asia Tenggara - Eropa.

Kamu dapat menonton video NHK yang menjelaskan jalur penerbangan pesawat nahas ini di bawah. Meskipun rendah teknologi, tekniknya menjelaskan mudah untuk dipahami.


Kobayashi juga menambahkan bahwa, berdasarkan video yang dilihatnya dari lokasi kecelakaan, satu-satunya penjelasan yang mungkin sekali terjadi karena penyebaran dari puing-puing pesawat karena ledakan di udara. Dia setuju dengan penilaian bahwa pesawat itu, memang, ditembak jatuh dan menambahkan bahwa kecelakaan itu pasti membawa dampak besar pada banyak perusahaan penerbangan yang memiliki rute perjalanan melalui wilayah tersebut. 

Dunia sangat berduka dan mengecam keras peristiwa ini.

Sumber: NHK , Wikipedia melalui en.rocketnews24.com
MH17 6772183679163103824

Posting Komentar Default Comments Disqus Comments

Kamu dapat menambahkan video di kolom komentar dengan format [video]link video kamu[/video] atau [img]url gambar[/img] untuk menambatkan gambar di komentar kamu.

emo-but-icon

Beranda item

Recent Post

Begini yang Orang Jepang Lakukan Jika Hidung Mampet

Random Posts