otakjepang
1432159430333932
Loading...

Restoran di Tokyo Jepang Ini Membuat Acar Alpukat dengan Bumbu Berumur 30 Tahun


Daerah Koenji di bagian barat Tokyo terdapat sebuah restoran kecil bernama Kyu yang menyajikan piring-piring kecil makanan bersama dengan banyak pilihan minuman beralkohol.


Di dalam kamu bisa bertemu koki yang juga adalah pemilik dari resto Kyu ini. Pemiliknya sangat ramah dan santai dan sering mengubah menu nya setiap hari tergantung pada apa jenis bahan-bahan berkualitas yang bisa dia dapatkan, namun ada satu item dalam daftar menu yang menjadi menu tetap di restoran unik ini.


Jepang layaknya negara-negara asia memanglah sangat dekat dengan proses pengolahan makanan fermentasi seperti acar, akan tetapi alih-alih membuat bahan acar seperti yang digunakan orang pribumi atau setidaknya di Asia, seperti lobak, terong, dan mentimun. Di Kyu, Alpukat yang merupakan buah dari Amerika Tengah ini menjadi buah yang menjadi bahan acar yang ternyata telah dibuat dengan resep berumur 30 tahun.


Restoran Kyu membuat alpukat acar gaya nukatzuke, yang berarti bahan utama yaitu alpukat dibenamkan dan didiamkan di dalam bekatul asin untuk proses fermentasi. Bagi yang tidak tahu Bekatul adalah bagian terluar dari bagian bulir yang terbungkus oleh sekam. Bulir sendiri adalah buah sekaligus biji berbagai tumbuhan serealia sejati, seperti padi dan gandum. Dan untuk bekatul ini yang digunakan adalah yang berasal dari padi.


Koki di Restoran ini memberitahu cara membuat acar Alpukat ini yang ternyata cukup mudah. Cukup iris alpukat menjadi dua, buang bijinya, dan didiamkan di bekatul . Anehnya, Kyu mengatakan dia tidak repot-repot membuang kulit alpukat pada titik ini. "Saya sudah mencoba membuatnya dengan banyak cara yang berbeda termasuk membuang kulitnya, tapi alpukat ternyata punya warna dan rasa terbaiksaat terfermentasi bersama kulitnya," jelasnya.


Setelah menyelesaikan langkah di atas, semua yang perlu Anda lakukan adalah biarkan semuanya didiamkan selama sekitar 24 jam , dan acar Anda akan siap untuk makan.




Kyu sudah dijalankan selama lima tahun. Selain acar unik dari buah, restoran ini meyediakan juga tempura jagung yang tak kalah unik, ditambah beberapa hidangan lainnya (dan segelas bir dingin, tentu saja).



Rasa yang cukup menggugah selera dari acar alpukat ini rahasianya merupakan resep untuk membuat nukatzukenya yang merupakan pengolahan dedak dari beras yang telah dilakukan selama beberapa dekade. Berbeda bahan makanan yang akan difermentasi berbeda pula rasa yang akan muncul, dan Kyu sudah membangun resep miliknya ini untuk waktu yang lama. "Ketika saya membuka restoran saya, kenalan memasak saya memberi saya beberapa budaya dedak padi nya, yang ia telah menggunakannya selama 30 tahun. Saya setelah lima tahun akhirnya dapat membuat resep saya sendiri dari menggabungkan percobaan dengan resep pengolahan fermentasi temannya, dan akhirnya campuran itu adalah apa yang saya gunakan untuk membuat acar alpukat, "tandasnya.


Jika kamu ada kesempatan berkunjung ke Tokyo tidak ada salahnya berkunjung ke restoran kecil unik ini.

Informasi Restoran

Nama :    Kyu /休
Alamat:   Tokyo-to, Suginami-ku, Koenji Minami 3-56-5 
              东京都杉并区高円寺南3-56-5 1F 
Buka :    Jam 3 sore sampai tengah malam 
Tutup :    Minggu dan hari libur 
Telepon: 03-3316-7319

Sumber : Youpouch
Unik 3095279015700850383

Posting Komentar Default Comments Disqus Comments

Kamu dapat menambahkan video di kolom komentar dengan format [video]link video kamu[/video] atau [img]url gambar[/img] untuk menambatkan gambar di komentar kamu.

emo-but-icon

Beranda item

Recent Post

Begini yang Orang Jepang Lakukan Jika Hidung Mampet

Random Posts