otakjepang
1432159430333932
Loading...

Inilah Berbagai Anime Berdasarkan Perbedaan Generasi Otaku


Para Penggemar menilai bahwa Anime Jepang tidak hanya ditujukkan untuk kalangan anak-anak saja, hal ini memang tidak sejalan dengan film kartun versi barat yang mengkhususkan targetnya pada usia belia. Namun terlepas dari itu semua, penikmat anime juga cenderung sangat cepat berorientasi dan berganti dari tahun-ketahun mengikuti anime baru yang terus yang bermunculan.

Sebagai contohnya kamu bisa bertanya pada fans bubblegum crisis. Jika kamu bertanya pada fans dengan usia tertentu kamu bisa mendapatkan berbagai informasi tentang anime tersebut mulai dari rilisnya pada 1987 dan diulang distasiun televisi pada 1997 dan bahkan kamu bisa diarahkan pada toko terdekat yang menjual aksesoris Bazooka pada anime tersebut.

Bukti lebih lanjut, dalam jajak pendapat baru-baru ini yang dilakukan oleh situs Jepang charapedia menunjukkan bergantinya pecinta anime tiap generasi umur yang berbeda. Hal ini bisa didasarkan pada sebaran umur yang cukup jauh antara belasan hingga puluhan tahun. 

Survei ini mengumpulkan 10.000 responder dan bahkan nyaris terbelah rata antara kedua jenis kelamin (laki-laki 494 dan perempuan 506). Berikut adalah lima anime favorit yang dipecah oleh kelompok usia.

Fans usia 10-19

5. Kuroko Basket


Sebuah cerita basket untuk generasi paling muda Jepang, Kuroko. Kuroko yang berisikan cowok-cowok atletis yang berkeringat menjadi hit di kalangan penggemar olahraga dan otaku perempuan tentunya.

4. K-On!


Foto diatas mungkin bisa mewakili bagaimana anime K-On! ini, teman-teman nongkrong, makan makanan ringan, dan kadang-kadang bermain musik rock (perhatikan tas gitar disandarkan dinding). Tidak perlu ada karakter yang kuat di anime ini untuk menjaga penonton agar tetap terhibur ketika ada semua gadis-gadis manis ini, yang membuat seri dari Kyoto Animation ini berada di nomor empat.

3 Gintama


Mungkin ini adalah anime humor paling absurd dan gokil dari segi cerita dan karakter untuk generasi ini. Bercerita pada abad ke-19 Jepang, alien menaklukkan negeri mencampuradukkan budaya setempat dan teknologi alien menghasilkan tokoh utama yang Gintoki yang kuat namun aneh tentunya. Gintama bahkan pernah mencapai popularitas tertinggi untuk anime di Jepang bersaing dengan 3 besar anime yang sangat terkenal saat ini yaitu One Piece, Bleach dan Naruto, dan gaya humor gintama yang cukup freestyle kadang menyindir anime produksi lain yang menyebabkan berbagai tuduhan hukum dilayangkan kepada sunrise dan membuat anime ini terombang-ambing akan diakhiri tiap sessionnya.

2. A certain ... Series


Berawal dari karya novel sebelum menyebar menjadi anime, manga, dan video game, anime ini juga sangat digandrungi generasi muda penggemar anime saat ini.

1 Sword Art Online


Kepopuleran Sword Art Online tidak bisa terbendung ketika dirilis pada musim panas yang lalu. Anime ini menceritakan kisah seorang gamer masa depan yang tidak sengaja terjebak dalam dunia game bergenre MMORPG. Kepopulerannya masih berbekas ketika seri kedua ditayangkan pada musim ini yang mendapatkan perhatian penuh para pecinta anime saat inil.

[next]

Fans berusia 20-29

5. Prince of Tennis


Dalam beberapa hal, anime pendahulu Kuroko Basket ini juga membangun fanbase wanita yang cukup besar tidak hanya dari anime TV, tetapi juga dari manga.

4. Digimon Adventure


Digimon Adventure mengambil aspek cerita tentang memelihara mahluk digital yang bisa tumbuh besar secara dramatis bernama digimon. Anime ini tidak terlepas dari sutradara berbakat, Mamoru Hosoda.

3 One Piece


Anime yang setidaknya telah melewati 650 episode (dan terus bertambah) sepertinya adalah anime penghubung generasi dua puluhan dan yang paling muda. Anime 3 besar yang paling terkenal di Dunia ini memang sudah belasan tahun menemani anak-anak dunia hingga sekarang.

2 Card Captor Sakura


Selama 20 tahun terakhir, anime ini adalah salah satu tren yang paling kuat dan tumbuh besar menarik hati penggemar wanita.

1 Sailor Moon


Kalian mengenal card captor sakura ? Sailoor Moon mempunyai penggemar 3 kali lipat dari anime tersebut.

[next]

Fans 30 tahun ke atas

5. Slayers


Banyak penggemar telah melupakan tentang Slayers yang mempunyai popularitas yang cukup tinggi pada masanya. Dalam masa kejayaan, anime seri itu cukup terkenal sehingga menghasilkan lima musim TV nasional Jepang, empat kali tampil di teater, dan telah menerbitkan lebih dari 50 novel.

4. Dragon Ball


Anime manusia super berkekuatan sangat massive ini memang diperuntukkan untuk anak laki-laki, Dragon Ball dan Dragon Ball Z sampai sekarangpun masih mempunyai penggemarnya.

3 Mobile Suit Gundam


Mungkin ini adalah Kakeknya dari berbagai kisan anime bergenre mecha saat ini, dan salah satu anime pertama yang melihat robot raksasa bukan sebagai superhero, namun sebagai alat perang manusia yang bisa digunakan untuk berbuat baik atau jahat. Gundam sejak penayangan perdananya sampai saat ini telah menjadi ikon budaya, pembuat uang raksasa, dan bahkan objek wisata paling terkenal di Tokyo.

2 Neon Genesis Evangelion


Salah satu dedengkot dari anime bergenre mecha bercampur alien dan misteri, Evangelion mengambil hanya segenggam plot poin dari Gundam (seorang anak yang mempunyai hubungan yang buruk dengan ayahnya jatuh ke kokpit robot raksasa dan menjadi harapan terbaik manusia untuk bertahan hidup), kemudian disaring menjadi anime yang mengajak anda untuk berfikir keras dan melelahkan namun menyenangkan oleh sutradara Hideaki Anno. Anime ini juga bisa dikatakan sebagai anime yang mendapat perhatian banyak oleh penggemar dewasa saat itu.

Space Battleship Yamato 1


Space Battleship Yamato yang memulai debutnya di TV pada tahun 1974, anime yang cukup tua itu memang cukup menarik pada jamannya karena bercerita tentang teknologi robot. Kisah melodramatis karya Leiji Matsumoto ini juga begitu sukses sehingga melahirkan seri sekuel, versi teater layar lebar dan bahkan sebuah film live-action baru juga akan segera dirilis.

Jadi kalian udah pernah menonton ke 15 anime sepanjang masa diatas ? atau mungkin juga ada yang mengoleksinya ?

Sumber: Charapedia , Jin
Anime 1495758228107470911

Posting Komentar Default Comments Disqus Comments

  1. ane berarti masuk usia 20 - 30 keatas dong... :D

    kasian anak jaman sekarang dikasih sajian tayangan joget joget ,dulu kalo hari minggu full anime/kartun dari pagi ampe siang..

    BalasHapus

Kamu dapat menambahkan video di kolom komentar dengan format [video]link video kamu[/video] atau [img]url gambar[/img] untuk menambatkan gambar di komentar kamu.

emo-but-icon

Beranda item

Recent Post

Begini yang Orang Jepang Lakukan Jika Hidung Mampet

Random Posts